BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Monday, March 2, 2015

Soal Fenomena Begal, Mendikbud Soroti Efek Negatif Video Game

Soal Fenomena Begal, Mendikbud Soroti Efek Negatif Video Game

Jakarta  (news.detik.com) - Kasus pembegalan yang marak terjadi belakangan ini rupanya menyita perhatian Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Anies menyoroti banyak pelaku begal adalah anak di bawah umur.

"Ada berbagai kemungkinan faktor penyebab kecenderungan kekerasan oleh anak yang perlu diteliti besar pengaruhnya. Kita perlu melihat secara utuh faktor-faktor yang ada di sekolah, keluarga dan masyarakat," kata Anies saat Seminar Pendidikan Karakter, di Bandung, berdasarkan rilis yang diterima detikcom, Sabtu (1/3/2015).

Menurut Anies, usia anak dalam masa perkembangan masih rentan untuk membedakan maya dan nyata. Sinetron dan video game bisa dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan sebagian anak-anak.

"Ada banyak riset tentang video game, ada yang mengaitkan video game dengan kecenderungan tindakan kekerasan, ada pula yang menyatakan tidak ada keterkaitan signifikan," jelas Anies.

"Riset-riset ini tidak benar-benar konklusif dan sering bersifat kondisional. Artinya, video game yang berbeda dapat memberikan dampak positif atau negatif berbeda pada anak yang berbeda dan tergantung pula pada porsi cara penggunaan dan pendampingan yang diterima," lanjutnya.

Anies menjelaskan, anak-anak belum memahami secara utuh batasan-batasan benar-salah, boleh-tidak boleh, menyakiti-tidak. Terutama dampak tindakan tersebut terhadap dirinya ataupun orang lain untuk jangka waktu jauh ke depan.

"Kemdikbud akan mendorong dan mendukung sebagai simpul gerakan. Kemdikbud telah mengadakan berbagai diskusi berkait dengan sasaran prioritas untuk menanggulangi masalah kekerasan dan akan terus memfasilitasi diskusi serta perencanaan program di bidang ini dalam beberapa waktu ke depan," tutur Anies.

Masih ada lagi

Menteri Anies Baswedan tengarai video game kekerasan picu aksi begal

Bandung (ANTARA News)  - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan siap meneliti fenomena aksi begal yang kini marak dilakukan kelompok anak muda di Indonesia.

"Kekerasan yang terjadi terjadi ini, seperti tadi saya katakan pendidikan itu ada tiga, rumah, sekolah, lingkungan. Karena itu saya akan lihat yang sekolah, kita harus sama-sama dengan orang tua di rumah dan lingkungan," katanya, di Bandung, Sabtu.

Ditemui setelah menjadi pembicara pada Seminar Pendidikan Karakter di Gedung KAA Bandung, Anies mengatakan kekerasan yang terjadi pada kelompok anak muda bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya video game.

"Kita harus lihat model-model video game yang kekerasan, yang sekarang keberadaannya luar biasa masif," kata dia.

Akibat pengaruh video game kekerasan tersebut, kata dia, anak-anak seringkali tidak bisa membedakan mana kekeran yang virtual dengan kekerasan yang nyata.

"Ini harus kita kendalikan oleh kita semua pihak baik orang tua, guru ataupun lingkungan sekitar," kata dia.

Ia juga meminta agar lingkungan sekolah mulai dari kepala sekolah, guru bimbingan konseling dan wali kelas agar jeli dan tegas terkait kasus kekerasan.

"Pemerintah akan mendukung kepala sekolah yang berani bertindak tegas terhadap munculnya kekerasan. dan bila ada masalah maka bukan hukuman tapi kedisiplinan bersama orang tua, karena yang menangani di rumah adalah orang tua," katanya.

Ia telah menyusun materi khusus tentang hal tersebut dan menginstrusikan sekolah untuk mengundang orang tua agar anaknya terhindar dari kekerasan seperti kelompok begal.

Sebelumnya Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Kebudayaan Anies Baswedan untuk meneliti fenomena aksi begal yang kini banyak dilakukan kelompok anak muda di Indonesia.

"Saya baru saja kontak Pak Anies Baswedan untuk segera melakukan penelitian, apa penyebab serta jalan keluar mencegah dan mengatasi fenomena begal yang terjadi sekarang ini," ujar Wapres di Makasar, Jumat (27/2).

Kayaknya butuh wakil rakyat yang gamer sejati nih. Saat tim gamer Indonesia sudah banyak mengharumkan nama bangsa dan anak2 muda berprestasi membuat game dan film animasi asli Indonesia.

Biar lebih mendunia

Semoga

Soal Fenomena Begal, Mendikbud Soroti Efek Negatif Video Game
begal gagal

Link: http://adf.ly/15igGB
FFFFFF

Blog Archive