BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Monday, March 16, 2015

KPK Incar Sektor Kelautan dan Kehutanan, Apa Saja Targetnya?

SENIN, 16 MARET 2015

KPK Incar Sektor Kelautan dan Kehutanan, Apa Saja Targetnya?

TEMPO.CO, Jakarta: Pelaksana Tugas Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Johan Budi Sapto Prabowo, mengatakan tahun ini KPK akan masuk ke sektor kelautan, kehutanan, dan perkebunan. Masuknya KPK ke tiga sektor itu untuk menyelamatkan sumber daya alam. KPK telah menjalankan program serupa di sektor mineral dan batubara sejak 2013.

"Program gerakan nasional penyelamatan sumber daya alam ini akan menjadi perhatian utama kami," kata Johan di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 16 Maret 2015.

Menurut Johan, pada 2014 program ini berhasil menambah Rp 10 triliun penerimaan negara bukan pajak dari sektor batubara. Kemudian KPK juga berhasil mengidentifikasi 70 persen kapal dari 1.444 perusahaan yang terdaftar tak memiliki nomor pokok wajib pajak. "Ini yang akan kami lakukan untuk kajian 2015," katanya. Selain itu, banyak izin usaha yang dicabut karena tak memenuhi ketentuan.

Pada 18 atau 19 Maret mendatang, Johan akan melakukan penandatanganan kesepakatan antara 29 instansi dan lembaga pemerintahan daerah untuk gerakan ini. Nantinya, kata Johan, mereka akan membuat rencana aksi yang akan dimonitor oleh KPK.

Selama ini KPK dikenal gencar menindak koruptor di pemerintahan, parlemen, dan penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman. Mereka ada yang tertangkap tangan ketika menerima suap. Sebagian dijerat setelah KPK melakukan penyelidikan. Tersangka dari kepolisian terakhir disandang Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

Budi, yang sempat menjadi calon Kepala Polri, mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakata Selatan dan dikabulkan oleh hakim Sarpin Rizaldi. Buntut dari upaya Budi diikuti sejumlah tersangka kasus korupsi seperti mantan Menteri Agama Suryadharma Ali. Tersangka perkara dana haji ini telah mengajukan praperadilan ke pengadilan.


TIKA PRIMANDARI

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2015/0...Saja-Targetnya



Link: http://adf.ly/1ADwFx
FFFFFF

Blog Archive