BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Tuesday, March 17, 2015

Menjanjikan

Raup Devisa US$ 93,5 Juta, Indonesia Raja Pasar Udang Amerika

Menjanjikan


Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia mencetak rekor sebagai "penguasa" ekspor udang ke Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data perdagangan Pemerintah AS Maret 2015, Indonesia menguasai pangsa pasar udang AS sebesar 22,7 persen dengan nilai devisa mencapai US$ 93,5 juta.

"Tentu saja ini merupakan kabar baik di tengah upaya Pemerintah Indonesia menggenjot peningkatan ekspor 300 persen pada tahun 2019," kata Atase Perdagangan di Kedutaan Besar RI Washington DC Ni Made Ayu Marthini dalam siaran pers Kementerian Perdagangan (Kemendag), Selasa (17/3).

Produk udang Indonesia yang merajai Negeri Paman Sam adalah shrimp warm water peeled frozen.

Menyusul di posisi kedua, India dengan nilai ekspor udang sebesar US$ 91,4 juta atau menguasai 22,19 persen pangsa pasar. Mengekor di bawahnya Ekuador dengan US$ 51,1 juta (12,41 persen), Vietnam meraup US$ 44,3 juta (10,7 persen), Thailand US$ 34,2 juta (8,3 persen), dan Malaysia US$ 14,3 juta (3,49 persen).

Menurut Ayu Marthini, hal utama yang perlu dijaga dalam mempertahankan posisi Indonesi adalah dengan memastikan kualitas udang yang diekspor memiliki kualitas terbaik dan memenuhi standar kesehatan dan keselamatan.

Di tempat berbeda Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengapresiasi performa ekspor udang Indonesia ke AS. Kinerja ekspor udang Indonesia mendukung pencapaian ekspor non migas Indonesia selama tahun 2015. Tercatat, AS merupakan negara tujuan ekspor non migas terbesar dengan pangsa hampir 10 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia selama bulan Januari-Februari 2015 yang mencapai US$ 21,7 miliar.

"Pencapaian tersebut didukung keberhasilan Indonesia menjadi penguasa pasar ekspor udang di AS dengan pangsa 23 persen, mengalahkan India, Ekuador, Vietnam, Thailand, dan Malaysia," kata Rahmat dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (17/3).

Bisnis Ikan Menjanjikan

Ayu menuturkan tren permintaan AS untuk produk ikan yang juga meningkat merupakan peluang bisnis bagi petani dan pengusaha ikan nasional. "Apalagi kita sedang berupaya untuk membangun sumber daya maritim sebagai sumber kekuatan ekonomi terbarukan," katanya.

Kebutuhan pasar AS untuk ikan dan produk ikan sangat tinggi. US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyatakan lebih dari 90 persen pasar ikan dan produk ikan di AS diisi melalui impor dan tren konsumsinya meningkat. The US Food and Drug Administration (FDA) dan US Environmental Protection Agency (EPA) melakukan imbauan kepada masyarakat AS untuk lebih mengonsumsi ikan, terutama untuk ibu menyusui, ibu hamil, dan anak-anak.

Perkembangan tersebut menunjukkan bahwa tidak hanya produk udang yang memiliki peluang di pasar AS, tetapi juga produk perikanan lainnya, seperti tuna, kepiting, dan produk olahan (kaleng). Pada 2014, total ekspor produk fish and seafood Indonesia ke AS mencapai US$ 1,3 miliar, sedangkan total ekspor produk udang mencapai sekitar US$ 1,1 miliar.

"Angka ini telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu eksportir utama perikanan dan produk perikanan ke AS, terutama produk udang," paparnya. (ags)

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...udang-amerika/

Link: http://adf.ly/1AGNSY
FFFFFF

Blog Archive