BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Tuesday, February 17, 2015

Fadli Zon Minta Samad Nonaktif dari KPK

Fadli Zon Minta Samad Nonaktif dari KPK

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Ketua KPK Abraham Samad untuk berhenti sementara dari jabatannya. Status tersangka pemalsu dokumen yang kini melekat pada diri Samad dikhawatirkan kinerja lembaga antirasuah.

Menurut Fadli, sesuai dengan Undang-undang KPK, saat komisioner berstatus tersangka maka harus non-aktif.

"Apabila komisioner menjadi tersangka maka harus berhenti sementara dan presiden mengeluarkan keppres dan mengambil langkah selanjutnya," kata politisi Partai Gerindra itu di Gedung DPR, Selasa (17/2).

Langkah selanjutnya yang harus diambil Presiden adalah mempercepat proses penetapan pimpinan baru atau menunjuk pelaksana tugas sementara hingga masa tugas pimpinan lain selesai.

"Ini langkah yang harus ditetapkan, tetapi dengan ditetapkan sebagai tersangka maka Pak AS harus berhenti sementara," ujarnya.

Abraham Samad telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan dokumen oleh Polda Sulawesi Selatan Barat. Sebelumnya pimpinan KPK yang lain Bambang Widjojanto sudah lebih dulu jadi tersangka kasus pemberian kesaksian palsu.

Fadli meminta kepada Samad dan Bambang jika merasa dikriminalisasi agar bisa mengajukan praperadilan penetapan tersangkanya. Pasalnya, kriminalisasi menurutnya adalah sebatas opini yang harus dibuktikan di pengadilan.

Menurutnya kepolisian tidak mungkin semena-mena dalam menentukan seseorang menjadi tersangka. Jika penyidik kepolisian berani sembarangan menetapkan tersangka seseorang maka akan jadi masalah di kemudian hari.

Sementara itu anggota komisi hukum DPR Arsul Sani meminta Presiden segera menerbitkan perppu uintuk pergantian pimpinan KPK. Sebelum mengeluarkan perppu, Presiden Jokowi harus terlebih dulu menerbitkan keputusan presiden atau keppres mengenai pemberhentian pimpinan KPK.

Arsul menilai pimpinan KPK yang tinggal dua orang bisa menggangu kerja KPK. "Apalagi nanti kalau Abraham diperiksa di Polda Sulselbar, harus bolak-balik dari Jakarta," kata Arsul Sani saat dihubungi CNN Selasa (17/2).

sumber 

Sudah sepatut nya Pak AS menuruti junjungan panasbung yg mirip babi guling tersebut untuk non aktif dari ketua KPK





Link: http://adf.ly/12pDNm
FFFFFF

Blog Archive