BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Friday, March 27, 2015

Mengerikan, Es Batu dan Air Mineral Berisi Air Kali

Mengerikan, Es Batu dan Air Mineral Berisi Air Kali


Pemerintah Indonesia memang belum seperti pemerintah di negara-negara Eropa yang memberlakukan aturan ketat terkait produk makanan dan minuman yang akan diperjualbelikan di masyarakat. Untuk bisa memasarkan jajanan di luar negeri, penjual harus mengantongi izin dari otoritas di negara tersebut. Bahkan tidak sedikit yang harus memiliki sertifikat memasak terlebih dahulu.

Namun di Indonesia, pedagang tidak membutuhkan izin khusus untuk memproduksi dan memasarkan sendiri makanan serta minuman olahannya ke masyarakat, seperti gorengan bahkan es batu.

Longgarnya pengawasan pemerintah tersebut memberi peluang beredarnya makanan dan minuman dari bahan baku yang tidak steril. Salah satunya adalah air mineral. Meski air mineral merupakan produksi pabrik, namun peredarannya setelah keluar dari pabrik tidak bisa dikontrol yang memberi peluang munculnya air mineral palsu.

Modus penjualan air mineral palsu sudah beredar bertahun-tahun. Parahnya, sumber air yang digunakan berasal dari got, sungai, dan sumur tanpa sterilisasi terlebih dahulu. Polisi juga tidak jarang melakukan penggerebekan terkait kasus ini. Namun, penggerebekan hanya berkisar pada pelaku air minum isi ulang yang biasa menggunakan kemasan galon. Padahal, banyak juga beredar air mineral palsu dalam kemasan botol plastik.

Para penjual air mineral palsu menggunakan botol-botol plastik bekas air mineral yang diperoleh dari tempat penampungan. Botol-botol tersebut kemudian dibersihkan agar nampak seperti baru untuk kemudian isi dengan air dari sumber tidak jelas.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang mengaku sering mendapati pembeli botol-botol plastik bekas untuk dijadikan kemasan baru. "Kami jual botol bekas buat daur ulang. Tapi ada juga yang kadang beli buat diisi air lagi terus dijual. Enggak banyak paling beli 5 karung sekitar 20 kiloan. Satu kilo kami jual Rp 5 ribu," kata penampung botol bekas yang tak mau disebutkan namanya, Jumat (6/3).

Informasi dari penampung botol bekas di bilangan Ciputat menyebutkan kalau air mineral palsu bisa nampak bening dengan mencampurkan borak dan tawas. "Air sumur saja sudah bahaya kalau enggak dimasak. Apalagi pakai air kali dan air comberan. Itu air bisa kelihatan bersih kalau dicampur borak sama tawas. Parah dah," kata penampung botol bekas tersebut.

Air mineral palsu ini nyatanya sudah memakan korban. SA (13) harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita diare akut lantaran air kemasan yang dibelinya ternyata palsu. Air mineral palsu tersebut dibeli SA di terminal Kampung Rambutan dua hari sebelum akhirnya SA masuk rumah sakit. Orangtua SA menduga bahwa air minum kemasan botol yang diminum SA tidak higienis dan kemungkinan air mineral tersebut palsu.

Kata dokter dia diare gara-gara air minum yang kotor. Kemarin waktu di Kampung Rambutan saya belikan dia Aq*** botol terus diare dan muntah-muntah, kata orangtua SA, Jumat (6/3).


SUMBER 


MENGERIKAN .... AIR AQU* JUGA ADA YANG PALSU... ISI AIR KALI

Link: http://adf.ly/1BucAi
FFFFFF

Blog Archive