BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Wednesday, February 25, 2015

Petugas PIP Pemkab Taput Retta Simanjuntak SPi Survey Harga Ternak

Petugas PIP Pemkab Taput Retta Simanjuntak SPi Survey Harga Ternak Petugas PIP Pemkab Taput Retta Simanjuntak SPi Survey Harga Ternak



Taput - Petugas Pelayanan Informasi Pasar dari Pemkab Tapanuli Utara Retha Herlindawati Simanjuntak SPi mengunjungi pekan Siborong - borong guna memutakhirkan data harga ternak yang diperdagangkan di pasar tersebut.


Nampak petugas PPIP Pemkab Taput tersebut mampir disetiap kios dan lapak dari pedagang sembari melakukan pendataan dari jumlah harga dan asal ternak dan ikan yang diperjual- belikan oleh pedagang.


" Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin dari petugas PPIP untuk mensurvey keberadan ternak dan ikan yang diperjualbelikan di Kabupaten Tapanuli Utara salah satunya yakni pekan Siborong-borong itu." ujar petugas PIP Pemkab Taput Retta Herlindawati SPi di Tarutung Khamis (27/6).


Dikatakannya, kegunaan dari pemutakhiran data yang dikumpulkannya tersebut sebagai informasi untuk masyarakat luas tentang harga-harga ternak yang disajikan secara akurat dan kontinu oleh Kementrian Pertanian sehingga dapat meningkatkan daya tawar peternak dan membantu menyusun kebijakan dan meningkatkan arus perdagangan daerah yang intinya akan meningkatkan pendapatan peternak dan pendapatan perekonomian masyarakat.


" Informasi yang kita berikan ke Kementrian Pertanian yang dapat diakses kapan saja akan berguna bagi masyarakat luas khususnya peternak dan pedagang ternak sehingga diharapkan melalui informasi tersebut peningkatan pendapatan dapat diperoleh oleh masyarakat luas." terangnya.


Diungkapkan Retta, bahwa berdasarkan data minggu lalu, minggu terakhir ini harga komoditas peternakan di Kecamatan Siborong-borong seperti Sapi, Kerbau, Babi, Ayam Boiler, Ayam Buras, Telur Ayam, Telur Itik dan Pakan Ternak mengalami peningkatan sebesar 0,01 %. Sementara suplay tonase dan demand bervariasi tergantung permintaan dan komiditas ternak tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Siborong-borong, Pakkat, Dolok Sanggul, Barus, Siantar dan Medan.


" Semua Informasi tersebut termasuk informasi harga sebagai kewajiban dari PIP sudah kita laporkan dan kirim ke pusat yakni Kementrian Pertanian melalui sms atau gprs sehingga informasi tersebut sudah dapat diakses oleh masyarakat luas di situs Kementrian Pertanian.' katanya .(ErwinNababan)


Keterangan Photo : Petugas PIP Taput Retta Herlindawati SPi Saat Mensurvey harga ternak sapi di pasar hewan Siborong-borong.

Link: http://adf.ly/143dJm
FFFFFF

Blog Archive