BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Wednesday, February 18, 2015

Bupati Taput Nikson Nababan dan Walikota Hokota Jepang Teken Mou Kerjasama Pertanian

Bupati Taput Nikson Nababan Bersama Walikota Hokota Jepang Teken Mou Kerjasama Pertanian


Taput- Bupati Taput Nikson Nababan dan Walikota Hokota Jepang Teken Mou Kerjasama Pertanian Bupati Kabupaten Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan bersama Walikota Hokota Mr Ozinawa Yasuhei teken Mou kerjasama di bidang pertanian Kamis ( 7/8 ) di balai data Kantor Bupati Taput. Kerjasama ini diharapkan menjadi awal untuk kerjasama kedua belah pihak dibidang lainnya.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan dalam sambutannya mengatkan bahwa masih banyak lahan kosong di Taput sehingga masih dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk membuka lahan pertanian baru.
Melihat potensi ini maka Pemkab Taput membuka kesempatan kerjasama yang seluas-luasnya untuk mengembangkan sektor pertanian baik untuk penelitian dan pengembangan dibidang pertanian. Dengan maksud hasil pertanian tersebut dapat diekspor ke Jepang selain dipasarkan di Indonesia.

Bupati Taput juga mengatakan selain sektor pertanian Taput juga mempunyai potensi dibidang energi listrik dan dibidang parawisata. Untuk energi listrik dengan adanya pembangkit listrik tenaga uap di Sarulla, parawisata rohani dengan adanya salib kasih dan parawisata air soda dan Muara.

" Kita membuka seluas-luasnya kerjasama dibidang pertanian, energi, dan bidang parawisata bagi perusahaan manapun baik dalam dan luar negeri. Tujuan hanya satu untuk pembangunan, kemajuan dan kesejahteraan Taput. Untuk itu kita mengharapkan kerjasama ini bukan hanya kerjasama dibidang pertanian namun juga kerjasama dibidang lainnya." ungkap Bupati Taput Drs Nikson Nababan.

Sementara Walikota Hokota dari Jepang mengatakan bahwa kerjasama ini terjadi karena ada bantuan Bupati Taput Drs Nikson Nababan kepada Jepang khususnya Kota Hokota sehingga tercapai kesepakatan kerjasama Pemkab Taput dengan Jepang khususnya Kota Hokota.

Walikota juga mengatakan bahwa Kota Hokota merupakan salah satu kota yang termasuk menjadi nomor satu di Jepang sebagai penghasil sayur dan hasil pertanian. Maka akan sama dilakukan tehnik pertanian di Jepang dengan di Taput nantinya.

Disamping itu pihak Jepang juga akan sama memberikan tehnik pertanian dengan melakukan pengalian sumur dan pengaturan pengaliran air ke ladang-ladang. Dan juga akan melaksanakan tehnik pembuatan pupuk organik atau kompos.

" Di negara kita ada musim hujan dan kemarau ketika musim kemarau air yang cukup merupakan syarat yang harus bagi pertanian, dengan itu akan diadakan pengalian sumur dan pengaturan air. Selain itu kita juga akan memaksimalkan pembuatan pupuk organik dan kompos. Dan kedepan, kami mengharapkan kerjasama yang baik" ujarnya.

Nampak hadir pada penandatanganan Mou tersebut Walikota Hokota, Mr Onizawa Yasuhei , Mr Mihoya Niro dari Union President Hokota Agriculture co.Ltd, Bupati Taput Drs Nikson Nababan, Kepala seluruh SKPD Taput, Pengusaha dari Jepang, Pengusaha Taput dan Direktur Perusda Taput.(Erwin Nababan)


Ket Photo : Bupati Taput Nikson Nababan dan Walikota Hokota Jepang Mr Onizawa Yasuhei memperlihatkan perjanjian MoU.[/LEFT][/LEFT][/LEFT]

Link: http://adf.ly/1365Aa
FFFFFF

Blog Archive