BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Wednesday, April 1, 2015

Jepang Cahaya Asia

Jepang semakin aktif membantu negara2 Asia Tenggara dalam bidang militer untuk membendung ekspansi RRC.



Terpengaruh oleh manuver China dan militernya, Tokyo telah membangun hubungan pertahanan dengan tetangga2nya. Kekhawatiran Jepang atas pudarnya pengaruh AS di Asia ikut benkontribusi terhadap keinginan Jepang untuk memperkuat keamanan di kawasan sembari menstabilkan hubungan ekonomi dengan China.

Hasilnya adalah kemajuan dramatis di bidang pertahanan di seluruh kawasan, termasuk dengan negara2 yang kritis terhadap pemerintah Abe dan sejarah Jepang. Selama tiga tahun terkahir, Jepang meningkatkan anggaran pertahanan yang memungkinkan Tokyo bertindak lebih banyak. Tahun lalu larangan ekspor senjata diperlunak.

Misalnya Tokyo telah menyetujui ekspor kapal penjaga pantai ke Filipina dan kapal patroli AL ke Vietnam.

Tahun ini, Jepang akan melakukan latihan perang pertama kali bersama Filipina. Tokyo juga mempertimbangkan mengirim patroli ke kawasan LCS. Proposal ini disambut dengan hangat oleh negara2 yang mempunyai klaim di sana. Tahun lalu Jepang melakukan latihan perang bersama India dan AS dan di tahun 2012 bersama Australia, Singapur, Korsel, dan AS.

Jepang juga membuka peluang kerjasama industri senjata dengan negara sahabat. Jepang dan India sedang bernegosiasi penjuala kapal amfibi dan sekarang membuka diskusi dengan Malaysia dan Indonesia tentang alih teknologi dan produksi bersama, Selain itu Tokyo juga menjajaki peluang bantuan hankam ke Myanmar dan Kamboja.

WallStreetJournal 
Intinya negara yang bekerja untuk mempertahankan kepentingan ASEAN bukan ASEAN ato Indonesia tapi Jepang.
Ingat, tanpa LCS ASEAN bubar !



TENTARA JEPANG JAMAN DULU
Jepang Cahaya Asia

TENTARA JEPANG JAMAN SEKARANG
Jepang Cahaya Asia

BUDAK JEPANG JAMAN DULU
Jepang Cahaya Asia

BUDAK JEPANG JAMAN SEKARANG
Jepang Cahaya Asia


Link: http://adf.ly/1CdBuP
FFFFFF

Blog Archive