BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Thursday, April 16, 2015

Mampu Kelola Bumdes, Cibodas Bisa Jadi Desa Percontohan

Mampu Kelola Bumdes, Cibodas Bisa Jadi Desa Percontohan

NGAMPRAH, (PRLM).- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menilai bahwa Desa Cibodas dapat dijadikan sebagai desa percontohan karena mampu mengembangkan potensi daerah melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"BUMDes-nya tentu perlu dikembangkan lagi, bisa dikerjasamakan dengan kementerian. Ini bisa jadi contoh buat desa-desa lainnya, terutama yang ada Jawa Barat. Kalau ada lomba BUMDes tingkat nasional, Cibodas juga mungkin bisa jadi contoh nasional," kata Marwan, saat mengunjungi Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/4/2015).

Menurut dia, pengelolaan BUMDes yang baik dapat membantu meningkatkan pembangunan dan perekonomian desa. Dengan demikian, pada akhirnya turut memberi kontribusi bagi perekonomian nasional.

"Untuk membangun desa yang kuat dan mandiri, dapat dilakukan dengan membentuk BUMDes yang dikelola dengan baik. Saya yakin, kalau potensi desa bisa dimaksimalkan, secara otomatis bakal berpengaruh pada peningkatan taraf hidup masyarakat," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Marwan mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menyambut kedatangannya. "Saya hanya ingin mengatakan bahwa desa-desa harus seperti ini, kegotong-rotongan masyarakatnya luar biasa. Ini adalah ciri bangsa kita, sekaligus karakter masyarakat desa," ujarnya.

Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan, kegotong-royongan warga Cibodas merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Walaupun secara fisik Cibodas sudah seperti daerah perkotaan, dia menganggap bahwa masyarakat Cibodas masih tetap kompak.

"Indikasi Cibodas seperti perkotaan ialah karena di sini banyak tempat wisata. Akan tetapi, kegotong-royongan warga Cibodas ternyata tidak pudar. Masyarakat mampu mengelola permasalahan air, yang merupakan infrastruktur desa yang paling hakiki," katanya.

Padahal, lanjut dia, air untuk warga di wilayah perkotaan KBB pada umumnya dilayani oleh BUMD milik Pemkab Bandung Barat. "Di Cibodas ada air perdesaan, karena kebetulan dekat dengan sumber air. Kelompok masyarakat dibantu membangun jaringan perpipaan dan diberi pelatihan managerial, sehingga bisa mengelola dengan baik," tuturnya.

Kepala Desa Cibodas Dindin Sukaya menyebutkan, BUMDes Karya Mandiri di Cibodas bukan hanya memiliki usaha di bidang air, tetapi juga unit lainnya seperti gedung olah raga/gedung serba guna, dan pengelolaan kios desa.

"Untuk air bersih, BUMDes punya sekitar 2.300 konsumen. Unit usaha itu jadi pendapatan asli daerah primadona Desa Cibodas, karena bisa menghasilkan Rp 7,5 juta per bulan. Kami juga punya gedung usaha serba guna, dan 10 kios desa yang disewakan," katanya.

Dia menuturkan, BUMDes Cibodas masih memiliki rencana untuk menambah unit usaha, yakni melalui penjualan gas 3 kilogram. "Dengan menjadi agen gas 3 kilogram, BUMDes bisa semakin menambah PAD," ujarnya.

Selain itu, ditambahkan olehnya, masyarakat Cibodas juga mampu memanfaatkan potensi daerah secara bersama-sama. "Mayoritas warga bekerja sebagai petani, peternak, maupun pedagang. Untuk hasil pertanian, warga mampu memasok 78 ton sayur-sayuran untuk supermarket," tukasnya. (Hendro Husodo/A-89)***

#Bhebe
#Sumber:' http://www.pikiran-rakyat.com/bandun...sa-percontohan'

Link: http://adf.ly/1F2qX7
FFFFFF

Blog Archive