BLOG IGO BERITA KINI PINDAH KE WAVIE-NEWS.TK

Thursday, April 16, 2015

Setiap Desa Diminta Bentuk BUMDes

Setiap Desa Diminta Bentuk BUMDes

Bisnis.com, NGAMPRAH - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mendorong seluruh pemerintahan desa untuk segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Keberadaan BUMDes diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Menurut dia, pada umumnya desa di sebuah kabupaten/kota telah membentuk BUMDes dengan bidang usaha yang berbeda sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Untuk membentuk BUMDes, aparat desa bisa memanfaatkan dana yang dikucurkan pemerintah pusat.

"BUMDes menjadi salah satu perhatian kami. Bagi mereka yang sudah memilikinya harus bisa dikembangkan lagi," katanya, kepada wartawan di Lembang, Rabu (15/4/2015).

Meski begitu, diakui oleh menteri asal PKB ini, pelaksanaan program pembentukan BUMDes tersebut tergantung besaran anggaran yang diberikan oleh BAPPENAS. Tak hanya itu, Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi pun diharapkan bisa ikut terlibat.

Menurut dia, pembangunan desa di daerah-daerah perbatasan maupun pinggiran akan menjadi potret terwujudnya kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Kalau desa-desa pinggiran, terpencil terluar itu terberdayakan akan menjadi potret bagaimana pertumbhan sekaligus pemerataan pembangunan ada, sekaligus aktivitas ekonomi itu tumbuh merata," katanya
Editor : Adi Ginanjar Maulana

#Bhebe
#Sumber:' http://bandung.bisnis.com/m/read/201...-bentuk-bumdes'

Link: http://adf.ly/1F2qXc
FFFFFF

Blog Archive